-->

5 Saran & Tips Memilih Asuransi Kesehatan


5 Saran & Tips Memilih Asuransi Kesehatan


                Akhir - akhir ini kesadaran masyarakat mengenai perlindungan kesehatan baik terhadap diri sendiri,anak maupun keluarga semakin tinggi. Dengan berbagai alasan mereka ikut program asuransi kesehatan yang sebenarnya memang sangat banyak sekali manfaat asuransi kesehatan. Berikut ini manfaat asuransi kesehatan:
1. Kita tidak pernah tahu kondisi fisik kita akan seperti apa, untuk itu sedia payung sebelum hujan akan lebih baik, dengan kita mempunyai asuransi kesehatan baik seluruh ataupun sebagian biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung perusahaan dimana kita telah mendaftar asuransi.
2. Dari tahun ke tahun biaya pengobatan semakin mahal, hal itu tidak pernah kita prediksi sebelumnya dan sebagian dari masyarakat lupa menyisihkan gaji/pendapatan untuk biaya kesehatan di kemudian hari. Hal inilah seharusnya kita pikirkan dari sekarang.
3. Kita tidak perlu repot untuk mengeluarkan uang jika akan melakukan pemeriksaan ataupun ketika mengalami kejadian yang tidak kita inginkan.

Tips &Saran Memilih Asuransi Kesehatan.
                Banyak sekali perusahaan yang menawarkan Asuransi kesehatan, tentu mereka mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dan berikut ini kami tuliskan tips dan saran memilih asuransi kesehatan :

1. Biaya Asuransi
Sesuaikan biaya asuransi dengan budget yang ingin dikeluarkan, jangan sampai dengan adanya asuransi justru mengorbankan kebutuhan pokok. Pertimbangkan juga cara membayarnya, pilih yang tidak merepotkan.

2. Manfaat apa yang kita inginkan
Seiring tingginya kepedulian masyarakat tentang asuransi kesehatan, semakin banyak pula perusahan yang menawarkan jasanya. Setelah mempertimbangkan biaya tentunya kita menginginkan manfaat yang sebesar-besarnya dari perusahaan asuransi. Dan berikut jenis biaya yang dicover oleh asuransi :
-. Biaya Perawatan
·         Rawat Inap : Biaya akan ditanggung jika pasien dirawat inap
·         Rawat jalan : Biaya perawatan dari diagnosis sampai tindak lanjut akan dicover
-. Pembiayaan
·         Biaya sebagian : hanya sebagian biaya yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi
·         Biaya Total : seluruh biaya akan ditanggun oleh perusahaan
3. Lokasi Pelayanan Medis
Setiap perusahaan asuransi memiliki rujukan pelayanan medis (klinik maupun rumah sakit). Sebelum memutuskan untuk memilih asuransi lebih baik ditanyakan lokasi pelayanan medisnya seberapa banyak.

4. Cara Klaim
Ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan bagaimana cara klaim atau cara mendapatkan manfaat dari asuransi :
-. Dibayar dulu baru kemudian diganti : perusahaan akan mengganti biaya perawatan setelah kita menyerahkan kwitansi biaya perawatan.
-. Tanpa membayar terlebih dahulu : Biasanya jika melakukan perawatan di pelayanan medis rekanan perusahaan asuransi.

5. Pilih perusahaan yang kredibel
Banyak sekali yang menawarkan jasa asuransi mulai dari agen-agen atau bahkan perusahaan membuka seminar-seminar. Sangat wajib bagi kita untuk melihat kembali bahkan perlu mempertimbangkan perusahaan penyedia jasa asuransi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan jika suatu saat kita akan melakukan klaim.
Apabila anda ditawari oleh agen asuransi usahakan untuk tidak langsung mengiyakan. Cari sebanyak mungkin referensi tentang perusahaannya atau bahkan agennya sendiri. Anda mungkin bisa bertanya kepada teman anda tentang agen tersebut.
              
  Setelah mengetahui manfaat dan tips memilih asuransi berikut istilah-istilah dalam asuransi

Agen : Orang yang bekerja dan terikat dengan perusahaan asuransi untuk mencari dan melayani pemegang polis.

Polis : Polis adalah sebuah perjanjian yang mengikat dan disetujui oleh pihak perusahaan asuransi dan pemegang asuransi secara tertulis.

Premi :Uang yang harus dibayarakan pada jangka waktu tertentu sebagai kewajiban dari pemegang polis asuransi. Besarnya premi yang dibayarkan ditetapkan oleh kebijakan dan persetujuan dari pihak perusahaan asuransi sesuai dengan kondisi dari tertanggung.

Penanggung : Seseorang yang secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk melakukan pembayaran premi atas polis yang tersebut.

Tertanggung : Seseorang yang secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk menerima manfaat dari polis tersebut.

Risiko Asuransi :
Risiko adalah kerugian yang terjadi kepada individu atau benda yang dipertanggungkan.

Demikian artikel 5 tips dan saran memilih asuransi kesehatan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Saran & Tips Memilih Asuransi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel